Sesuai janji saya di postingan terdahulu, kali ini saya uploadkan Silabus dan RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 terbaru untuk yang kategori Matematika Wajib dan Matematika Peminatan. Ucapan terima kasih untuk Pak Nurhadi yang telah memberikan hasil pelatihannya di Bogor yang sampai tulisan ini turun acaranya masih belum selesai.
Berikut ini linknya:
11.RPP Matematika Kurikulum 2013 Kelas X SMA (hasil diklat Guru Inti)
Mencermati silabus dan RPP yang ada serta mengacu pada Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses, ada beberapa poin-poin penting yang bisa dijadikan pedoman dalam penyusunannya.
Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu dan digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Berikut ini rambu-rambu penyusunan RPP
Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu dan digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Berikut ini rambu-rambu penyusunan RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 001
Nama Sekolah : ...............................
Mata Pelajaran : ...............................
Kelas/Semester : ...............................
Materi Pokok : ...............................
Alokasi Waktu : ...............................
A. Tujuan Pembelajaran
Nomor : 001
Nama Sekolah : ...............................
Mata Pelajaran : ...............................
Kelas/Semester : ...............................
Materi Pokok : ...............................
Alokasi Waktu : ...............................
A. Tujuan Pembelajaran
=> (hampir sama dengan Indikator)
B. Kompetensi Dasar
=> (copas dari permen no 69. KD1,2 selalu ikut, KD 3,4 menyesuaikan materi)
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
=> (melihat pada KD)
D. Materi Pembelajaran
=> (garis-garis besar saja)
E. Metode Pembelajaran
=> (jelas)
F. Media Pembelajaran
=> (jelas)
G. Sumber Belajar
=> (jelas)
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
=> (jelas)
I. Penilaian Hasil Belajar
=> (mencakup keseluruhan indikator)
B. Kompetensi Dasar
=> (copas dari permen no 69. KD1,2 selalu ikut, KD 3,4 menyesuaikan materi)
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
=> (melihat pada KD)
D. Materi Pembelajaran
=> (garis-garis besar saja)
E. Metode Pembelajaran
=> (jelas)
F. Media Pembelajaran
=> (jelas)
G. Sumber Belajar
=> (jelas)
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
=> (jelas)
I. Penilaian Hasil Belajar
=> (mencakup keseluruhan indikator)
Demikian sedikit ulasan tentang Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Matematika SMA, semoga dapat memberikan sedikit gambaran tentang penyusunan Silabus dan RPP Matematika pada khususnya dan pemahaman tentang Kurikulum 2013 secara umum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar